Resep resep masakan sudah di uji coba dari koleksi buku-buku dan majalah masakan, nantikan tip - tip dari dapurku selanjutnya , Happy Cooking .




Tips

Panaskan Oven Selama 10-15 menit Sebelum Memanggang Kue / Cake.
Loyang Cake di Rak no 2 dari bawah.

Gunakan Butter (Mentega) untuk cake yang lezat dan lembut

Gunakan kuning telur yang lebih banyak jika tanpa putih telur ,tambahkan kuning telur sesuai jumlah putih telur yang dikurangi.

Untuk hasil gorengan yang kering tidak berminyak ,campur minyak sayur dengan mentega putih 1:1 atau bisa dicampur dengan minyak padat.

Rabu, 14 Maret 2018

Donat classic American donat Lezat

American Donut 


American donat kita bisa membeli di saat ada PRJ Kemayoran setiap tahunnya ,kalau dulu di tahun 70an dan 80an PRJ ada di Monas. Sudah lama tidak posting masakan / cake ,baru sekarang saya posting lagi, bukannya tidak pernah membuat cake lagi ,tapi malas mempostingnya di blog. 

Membuat donat klasik ,lembut dan empuk. Kebanyakan orang suka donat ,polos atau pakai topping ,mudah membuatnya ,bahan-bahannya sederhana. Silahkan dicoba.
Jika donat sudah dingin baru bisa diberi toping ,kalo suka. Donat yang dijual disana tidak pakai toping ,polos aja, tidak macam-macam ,beda dengan disini.
Oke ,semoga sukses. Happy Donut : )





Bahan :

150 gram terigu cakra ( high protein )
50 gram terigu segitiga
20 gram susu bubuk full cream / susu NZMP
1 sdt pasta milk
60 gram gula kastor / gula halus
2 butir kuning telur ( eggs yolk ).
50 ml susu cair full cream
30 gram butter ( butter hollman / Wysman )
2 gram garam. / kurleb 1/2 sdt .
5 gram ragi instan.
1/2 sdt vanilla bubuk.
2 gram bread impover Bakerine plus.
Gula donat secukupnya.

Terigu - gula - Vanilla bubuk


Cara Membuat:

Cara # 1
Campur ragi instant ,susu cair hangat dan 1 sdt gula halus. Biarkan sampai mengembang. kurang lebih 10 menit diamkan.

Setelah ragi mengembang ,tuang kedalam campuran terigu ,aduk-aduk dengan spatula ,setalah itu masukan kuning telur aduk lagi / uleni , tambahkan butter dan garam ,uleni lagi sampai kalis.

Cara # 2
Campur semua bahan kering ,kecuali garam , aduk-aduk rata.
Masukan susu cair dingin sedikit -sedikit sambil di aduk, setelah itu tambahkan kuning telur ,aduk lagi ,kalau sudah terasa berat  ,aduk dengan tangan ,uleni. Tambahkan butter (mentega) dan garam ,uleni lagi sampai tercampur rata ,lalu tambahkan pasta milk ,uleni sampai kalis, Setelah kalis ,bulatkan ,Masukan adonan kedalam baskom ,sebelumnya diberi minyak/margarin supaya tidak lengket. Tutup dengan plastik / kantong plastik ,diamkan selama 40 - 60  menit.
Setelah adonan mengembang kempeskan ,uleni sebentar lalu bagi adonan 40 gram ,bulatkan atau adonan di giling setebal 1 cm ,cetak adonan dengan cetakan donat atau cetak degan gelas dan di lobangi bagian tengah  dengan jari/tutup botol/tutup spidol.



Letakan donat di loyang / wadah sementara. Alasi wadah/nampan dengan kertas baking paper atau taburi terigu secukupnya ,supaya adonan donat yang sudah dicetak tidak lengket. Diamkan sekitar 10 menit hingga mengembang.

Goreng donat dengan minyak padat atau minyak sayur di tambahkan mentega putih, panaskan minyak dengan api sedang ,jika sudah panas kecilkan api.

Goreng 1 sisi dulu hingga berwarna coklat keemasan lalu balik sisi berikutnya ,setelah matang tiriskan.

Siap dihidangkan .Happy baking : )



Catatan : Gorenglah adonan donat sebanyak 2 - 3buah ,jangan banyak-banyak ,sebab jika mengoreng adonan donat banyak-banyak  bisa mengurangi panasnya minyak.

Supaya adonan tidak lengket ditangan ,taburi dengan terigu sedikit / taburi tangan dengan terigu.
#donat #doughnut #cake #donatlembut



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan isi komentar anda, terima kasih.

Cari Masakan Disini

Today

Our Blogger Templates Web Design